Pesantren IT Assalaam adalah sebuah pondok pesantren modern untuk mencetak para dai (pendakwah agama islam) yang memiliki keahlian dalam bidang teknologi informasi (IT) dengan standar internasional.

Fokus utama kegiatan di Pesantren IT Assalaam adalah di bidang sosial, kemanusiaan dan keagamaan. Target yang ingin dicapai adalah bahagia – mulia – selamat, dengan cara bekerja – belajar – mengaji. Sebagai pesantren, Pesantren IT Assalaam memiliki sejumlah keunikan dibanding pesantren lain pada umumnya.

Santri di Pesantren IT Asssalaam dapat 5 manfaat sekaligus :

  1. Mondok (Belajar Agama Islam). Para santri belajar ilmu tauhid, Alquran, hadits, fiqih dan akhlaq. Praktek ibadah sehari-hari sangat diperhatikan terutama sholat berjamaah, sholat tahajud dan dhuha, puasa sunah. Lulusan punya target hafalan Alquran minimal 5 juz AlQuran dan hafal 40 hadits.
  2. Belajar IT Langsung dari Praktisi Expert. Para pendidik di Pesantren IT adalah para praktisi dan profesional yang expert dibidang IT, sehingga para santri mendapat ilmu dan pengalaman terbaik.
  3. Punya Portofolio Bagus (Produk & Proyek). Apapun pilihannya, mau jadi profesional (karyawan) atau pengusaha sangat perlu portofolio (karya, pengalaman) yang cukup untuk bisa mendapatkan pekerjaan berpenghasilan tinggi atau proyek yang besar. Lulusan punya target minimal punya 1 produk komersil yang menghasilkan, ikut aktif minimal dalam 1 proyek komersil skala nasional, ikut aktif minimal dalam 1 produk sosial.
  4. Kompetensi Lulusan Setingkat D3. Pesantren IT Assalaam bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Telematika di Universitas dan Politeknik untuk proses sertifikasi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Level 5 (setara D3).
  5. Jaringan Bisnis Luas. Selain belajar ilmu agama dan IT, para santri juga bisa membangun networking dengan para pengusaha pendiri Pesantren IT dan juga seluruh jaringan bisnis yang terkait.

Silahkan lihat video perkenalan Pesantren IT.

Pesantren IT Assalaam berdiri pada tanggal 12 Desember¬†2016 bertepatan tanggal 12 Rabiul Awal 1438 Hijriyah yang merupakan tanggal kelahiran Nabi Muhammad SAW dengan nama “Yayasan Pesantren IT Assalaam”. Yayasan ini didirikan oleh 56 orang pengusaha dan profesional di bidang IT.

Sebagai pesantren yang berbasis kurikulum teknologi informasi sebagai materi utamanya, maka kurikulum pembelajaran yang ada di Pesantren IT Assalaam sangat dinamis menyesuaikan dengan kebutuhan pasar.

Metode penyampaian pembelajaran juga dibuat modern dengan konsep audio visual sehingga lebih menarik, mudah dipelajari dan mudah dipahami.

Semoga Allah SWT memberikan kami kemampuan untuk bisa mendidik para santri dengan baik. Semoga kedepan mereka menjadi para dai ahli IT yang memberikan manfaat untuk umat manusia dan alam semesta.